EKG : Ulasan dan Cara Membacanya

EKG : Ulasan dan Cara Membacanya

EKG

EKG adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan oleh mesin ekg untuk merekam aktivitas listrik jantung yang dituangkan dalam suatu kertas yang dinamakan kertas ekg. EKG atau singkatan dari Elektrokardiogram berasal dari bahasa yunani, yakni Elektro yang berarti Listrik, Kardio yang berarti Jantung dan Gram yang berarti Tulisan

EKG ini sendiri diciptakan oleh seorang dokter asal dari Belanda yang lahir di Indonesia loh, tepatnya di kota Semarang yaitu Willem Einthoven. Oleh karena ciptaannya, ia dianugrahi penghargaan nobel di bidang fisika dan kedokteran. dan mesin ciptaannya masih digunakan dalam dunia kedokteran sampai saat ini

Mesin EKG tersebut disambungkan dengan beberapa kabel yang ditempelkan ke dada, tangan dan kaki seseorang lalu mesin tersebut merekam aktivitas listrik jantung kita. Berikut contoh gambar mesin EKG serta kertas ekg yang dihasilkannya :

Mesin EKG
Mesin EKG dan Kertas EKG

Prosedur Pemeriksan EKG adalah sebagai berikut : 

Prosedur Pemeriksaan EKG
Prosedur Pemeriksaan EKG
  • Elektroda EKG akan ditempelkan pada dada, pergelangan tangan dan kaki, jadi sebaiknya Anda (terutama wanita) menggunakan pakaian dengan atasan dan bawahan yang terpisah. Ini untuk mempermudah pemasangan elektroda EKG. 
  • Jika lokasi penempelan elektroda EKG didapati banyak bulu, bisa saja dokter memerintahkan untuk mencukurnya terlebih dahulu. Sensor yang disebut dengan elektroda akan dilekatkan pada dada, pergelangan tangan dan kaki, baik dengan menggunakan semacam cangkir hisap atau gel lengket.
  • Elektroda ini selanjutnya akan mendeteksi arus listrik yang dihasilkan jantung yang diukur dan dicatat oleh mesin elektrokardiograf.  
Baca Juga : Pengertian Elektrokardiogram ( EKG )



Apasih manfaat dari EKG ini??. Mesin ciptaan Einthoven ini mempunyai banyak manfaat di bidang kedokteran antara lain :
  • Mendiagnosis adanya aritmia jantung atau irama jantung yang abnormal
  • Membantu dokter untuk mengetahui adanya penyakit jantung koroner pada seseorang
  • Dapat mengetahui adanya kelainan elektrolit pada seseorang yang tertuang di aktivitas listrik jantung
  • Membantu diagnosis dari penyakit jantung bawaan dan kelainan listrik jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak

Pemeriksaan EKG

Siapa Saja sih yang perlu menjalani pemeriksaan EKG ini ?
  • Seseorang yang mengalami nyeri dada yang dicurigai serangan jantung
  • Seseorang yang sering mengalami kesulitan bernapas terutama bila beraktivitas
  • Seseorang dicurigai memiliki detak jantung yang tidak beraturan
  • Untuk mengawasi perkembangan penyakit jantung yang telah terdiagnosa. Dokter mungkin meminta EKG dilakukan secara rutin jika pasien memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung.
  • Seseorang yang ingin melakukan pembedahan atau operasi. EKG biasanya dilakukan untuk memastikan tidak ada bagian dari prosedur yang membahayakan pasien.

EKG
Contoh Rekaman EKG Normal
Nah, kita sudah mengetahui apa itu ekg, bagaimana cara kerjanya dan manfaatnya. sekarang bagaimana cara kita mengetahui ekg seseorang itu normal atau tidak?

Untuk mempelajari EKG itu normal atau tidak, kita harus mengetahui dasar - dasar dari aktivitas listrik jantung dan arti dari tiap gelombang listrik yang dicantumkan dalam suatu EKG. Bila kita mengetahui hal tersebut, kita dapat membaca EKG dengan mudah

Namun membaca ekg sebenarnya keahlian dari tenaga medis, baik dokter maupun perawat dan bukan untuk orang awam. Tetapi bagi yang ingin mempelajari lebih lanjut bagaimana cara membaca EKG dengan benar, silahkan mengunjungi link di bawah ini

Share on Google Plus

About Esplanade

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment